Mengenal Metode Schroth untuk Penanganan Skoliosis


Salah satu jenis terapi atau rehabilitasi yang biasa diterapkan oleh fasilitas scoliosis rehab kepada pasien penderita skoliosis adalah Schroth Method, atau Metode Schroth. Terapi ini termasuk ke dalam kategori terapi fisik dan telah diterapkan sejak lama.

Apa Itu Metode Schroth?

Dikutip dari laman hopkinsmedicine.org, metode Schroth merupakan opsi penanganan skoliosis non-bedah (non-operasi). Metode ini mempergunakan pendekatan tiga dimensi untuk memperbaiki ketidakseimbangan pada tulang belakang.

Dalam terapi ini, Latihan yang dilakukan telah disesuaikan berdasarkan kondisi pasien. Meski begitu, semuanya sama-sama dilakukan agar tulang belakang yang melengkung dapat kembali pada posisi yang lebih alami (normal).

Untuk mencapai tujuannya, terapi Metode Schroth ini fokus pada 3 poin berikut ini:

  • Memulihkan simetri otot dan kesejajaran postur tubuh.
  • Pernapasan ke dalam cekungan pada sisi lengkung tubuh.
  • Mengajarkan pasien agar lebih awas/sadar terhadap postur tubuhnya.

Seperti Apa Terapi Metode Schroth?

Terapi Metode Schroth ini sangat bermanfaat bagi pasien skoliosis segala usia. Di samping itu, terapi ini juga dapat dilakukan untuk menangani skoliosis pada kondisi ringan sampai parah, bahkan pasca operasi sekalipun.

Dalam terapi ini, aktivitas atau latihan tertentu ditentukan oleh terapis profesional berdasarkan bentuk lengkungan, tingkat keparahan, maupun kondisi fisik pasien secara umum. Dengan terapi Metode Schroth, Anda sebagai pasien akan diajarkan agar lebih sadar atau awas terhadap postur tubuh yang baru dan kesejajaran lewat posisi, pengulangan, dan pernapasan.

Secara garis besar, rangkaian latihan di dalam terapi Metode Schroth ini didesain agar dapat mengurangi punggung yang lurus rata maupun rusuk yang menonjol. Terapis dapat memodifikasi latihan yang perlu pasien lakukan untuk menciptakan posisi yang optimal untuk Anda.

Manfaat Terapi Metode Schroth

Ada alasan mengapa terapi dengan Metode Schroth ini masih populer dan direkomendasikan sampai sekarang, dan salah satunya adalah karena terapi ini memang telah terbukti mampu memberikan hasil yang efektif bagi para pasiennya.

Sudah ada banyak pasien skoliosis yang melihat peningkatan nyata dalam hal tingkat lengkungan tulang belakangnya setelah menyelesaikan program terapi Metode Schroth. Di samping itu, hasil atau manfaat dari metode terapi yang satu ini termasuk:

  • Postur tubuh yang lebih baik.
  • Stabilitas dan kekuatan area perut (core) yang lebih baik.
  • Bernapas dengan lebih mudah.
  • Rasa sakit yang berkurang.
  • Pola dan fungsi pergerakan yang meningkat secara keseluruhan.
  • Kesejajaran pelvis yang lebih baik.

Secara garis besar, tujuan utama dari Metode Schroth ini adalah untuk mencegah agar skoliosis yang Anda derita tidak semakin parah. Dan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, metode ini bisa dilakukan oleh semua usia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Sekarang, Anda tak perlu bingung mencari tempat di mana Anda bisa mendapatkan penanganan skoliosis lewat terapi Metode Schroth yang andal dan profesional. Sebab, ada Scoliosis Care yang siap melayani dan membantu mengatasi masalah Anda.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Mengenal Metode Schroth untuk Penanganan Skoliosis"

Post a Comment