Mengenal 7 Jenis Truk yang Ada di Indonesia. Apa Saja?

Bicara soal truk di Indonesia, Anda bisa temukan berbagai jenis dengan bentuk, ukuran, kapasitas, hingga barang muatan yang beragam. Nah, dalam ulasan berikut, Anda bisa temukan 7 jenis truk yang paling umum ditemukan di Tanah Air. Apa saja, ya?

 

  1. Pick up. Dikenal juga sebagai mobil pick up, kendaraan ini sebenarnya juga termasuk ke dalam “keluarga” truk. Pick up bisa jadi punya bak terbuka atau tertutup di belakang, yang digunakan sebagai ruang untuk membawa kargo (barang bawaan). Sedangkan kabinnya sendiri ada yang single, ada juga yang double.
  2. Truk engkel. Nama lainnya adalah truk CDE (Colt Diesel Engkel), yaitu jenis truk dengan kapasitas yang tergolong kecil. Seperti pick up, truk engkel pun sangat mudah ditemukan di jalanan karena ukurannya yang lebih kecil sehingga masih diizinkan untuk masuk ke jalan kota.
  3. Truk box CDD. Jenis truk yang satu ini punya dimensi yang lebih besar – sampai dengan 4 ton – dibandingkan truk engkel, meskipun secara umum penampilannya sama. Dan sama seperti truk engkel, truk box CDD pun masih diizinkan melalui jalan-jalan kota.
  4. Truk fuso. Truk fuso nyaris seperti truk box CDD, namun dengan kapasitas yang lebih besar – 25 CBM dan berat maksimal 7 ton. Fuso sendiri sebenarnya nama model truk keluaran Mitsubishi yang berfokus pada segmen kendaraan niaga kelas light dan medium truck.
  5. Truk tronton. Nama truk tronton tentunya sudah tak lagi asing di telinga masyarakat Indonesia, termasuk Anda. Bobotnya lebih besar dibandingkan keempat jenis truk yang sudah dijelaskan di atas, dengan 3 sumbu dan 10 roda – konfigurasi roda truk tronton adalah 2-4-4. Sedangkan kapasitasnya mencapai kira-kira 30 CBM dan berat maksimal 10 ton. Jenis truk ini paling populer digunakan oleh bisnis ekspedisi karena harga yang relatif terjangkau dan kapasitas angkut tinggi.
  6. Truk wingbox. Jenis truk berikutnya adalah truk wingbox yang juga tak kalah populer. Salah satu kelebihannya adalah ketiga sisi box muatannya bisa dibuka. Hal ini tentu dapat mempercepat dan mempermudah proses bongkar-muat barang. Jenis truk wingbox sendiri ada yang 2 sumbu da nada yang 3 sumbu. Untuk truk wingbox 2 sumbu, jenis ini sering kali dikenal dengan nama truk engkel wingbox atau truk tronton wingbox. Sedangkan kapasitasnya sangat bervariasi karena truk wingbox bukan truk buatan produsen truk, melainkan jenis built-up alias dibuat karoseri.
  7. Truk trailer. Jenis truk ini juga tak kalah populer dari segi nama, meskipun truk trailer hanya boleh melintasi jalan-jalan negara atau jalan besar. Daya angkutnya sangat besar, yang bervariasi dari 20-60 ton. Penggunaannya sendiri paling sering dilakukan untuk pengiriman kendaraan maupun alat berat. Secara umum, ada 2 jenis truk trailer. Pertama adalah trailer 20 feet dengan sumbu 4 dan 5, dan kedua adalah trailer 40 feet dengan 6 sumbu. 

Itulah 7 jenis truk yang ada di Indonesia. Apakah ada jenis yang jarang atau bahkan belum pernah Anda lihat?

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Mengenal 7 Jenis Truk yang Ada di Indonesia. Apa Saja? "

Post a Comment