Periksa Bagian Ini Saat Membeli Mobil Bekas

 


Membeli mobil baru dengan mobil bekas pastilah banyak perbedaannya. Dari segi harga saja, sudah dapat jelas terlihat. Seperti tersedianya cicilan mobil bekas 1 jutaan untuk beberapa jenis mobil tertentu sehingga kamu yang memiliki budget terbatas bisa memanfaatkannya. Sesuatu yang tidak mungkin jika kamu membeli mobil baru di mana cicilannya saat ini sudah 3 juta atau bahkan lebih.

Hal lain yang jelas membedakan adalah kualitas mobil. Saat kamu membeli mobil baru, maka  tidak masalah kamu tidak melihat langsung mobil dan mengecek kondisinya, karena sudah pasti semuanya masih bagus. Namun jika kamu membeli mobil bekas, ada banyak hal yang harus kamu periksa agar tidak mengalami kerugian, seperti beberapa komponen berikut:

•    Rem

Pada umumnya setelah kamu melakukan transaksi pembelian mobil bekas, pasti kamu akan langsung membawa pulang mobil tersebut dengan mengendarainya. Bayangkan saja jika komponen ini tidak berfungsi dengan baik, tentu pasti akan sangat berbahaya sekali untukmu selama perjalanan pulang. Cara mengecek komponen ini adalah dengan melakukan test drive.

•    Asap knalpot

Warna asap knalpot bisa menandakan bagaimana kondisi mobil sebenarnya. Mintalah pemilik mobil untuk menyalakan mesin mobilnya. Jika pada awal dinyalakan keluar asap putih tipis dari knalpot, tidak perlu khawatir karena ini adalah hal yang wajar dan akan menghilang setelah beberapa saat. Namun, jika asap berwarna gelap atau putih tebal dan tidak hilang meskipun mesin sudah lama menyala, ini menandakan adanya masalah pada sistem pembakaran mobil tersebut.

•    Body mobil

Namanya juga mobil bekas, jadi wajar jika ada baret atau penyok pada bagian body mobilnya. Kamu justru harus waspada jika mobil terlihat terlalu mulus dan tidak sesuai dengan usianya. Sebab, bisa saja bagian body mobil sudah diperbaiki untuk menutupi adanya masalah. Apalagi jika saat kamu buka pintu mobil terasa sangat berat, atau saat kamu ketuk body mobil bunyinya terasa berat juga. Seringkali mobil dengan kondisi tersebut sudah pernah mengalami kecelakaan besar sehingga harus didempul untuk membuat tampilannya kembali menarik.

•    Mesin

Buka kap mesin dan periksa apakah semua segel mesin sudah terbongkar. Jika iya, bisa jadi hal tersebut menandakan mobil pernah dilakukan perbaikan besar-besaran. Entah karena pemakaiannya yang tidak benar atau karena mobil pernah terlibat kecelakaan besar.

Jika pada saat kamu mengecek mobil bekas incaran menemukan salah satu dari kondisi tersebut, ada baiknya kamu berpikir ulang untuk membelinya. Namun, apabila kamu tetap nekat untuk membelinya pastikan harganya berada di bawah harga pasar karena kemungkinan kamu akan perlu mengeluarkan biaya tidak sedikit untuk perbaikan. Selamat berburu mobil bekas!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Periksa Bagian Ini Saat Membeli Mobil Bekas"

Post a Comment