Cara Mengatasi Intususepsi Yang Meski Kamu Tahu


Sumber: ingintau2.blogspot.com

Intususepsi ialah keadaan ketika usus di dalam tubuh menjadi terlipat, bahkan bisa menyusup ke bagian-bagian dalam usus yang lain. Menurut alodokter.com, hal tersebut dapat membuat terjadinya penyumbatan yang berada di dalam usus atau bisa disebut dengan obstruksi usus. Pada umumnya, masalah ini menyerang bagian yang berada di antara usus besar dan usus halus. Biasanya terjadi pada anak-anak yang berusia 2 bulan sampai dengan 2 tahun dan seringnya terjadi pada anak laki-laki.

Ketika intususepsi terjadi, maka aliran darah yang berada di dalam tubuh, proses menyalurkan makanan, serta cairan akan terhambat. Apabila seseorang yang mengalami ini tidak ditangani dengan cepat, maka akan berakibat hal-hal yang terbilang fatal. Di antaranya, matinya jaringan pada usus, dinding usus yang robek atau disebut dengan perforasi, dan bisa juga terjadinya infeksi rongga perut atau disebut juga peritonitis.

Cara mengatasi intususepsi memang memiliki beberapa tahapan. Namun, sebelum itu, kamu harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana para dokter bisa mendiagnosis pasien mengidap intususepsi atau tidak. Berikut ini ulasannya menurut honestdocs.id, yuk disimak!

Diagnosis

Karena sering terjadi pada anak-anak, maka dokter akan menanyakan riwayat kesehatan dari anak tersebut. Apabila memang anak pernah mengalami penyakit ini, maka memang ada kemungkinan besar bisa mengalaminya lagi. Untuk tindakan yang pertama, pasien akan diberikan sebuah selang yang dimasukkan melalui rongga hidung yang berfungsi sebagai pemberian makanan tetapi dalam bentuk yang cair. Lalu pasien juga akan diberi injeksi intravena, yaitu pemberian cairan.

Selain sebagai pemberian makan dan minum, tujuan dari menggunakan kedua cara tersebut agar bisa lebih meredakan tekanan yang terjadi pada sistem pencernaan atau saluran pencernaan. Setelah itu, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan, antara lain X-Ray untuk perut, melakukan USG, serta pemberian enema udara atau enema kontras. Dengan melakukan pemeriksaan-pemeriksaan itu, akan terlihat dengan jelas bagian di dalam usus. Maka apabila ada masalah, akan terlihat.

Pengobatan

Cara mengatasi intususepsi dengan pengobatan, harus segera dilakukan ketika seorang pasien dinyatakan dan didiagnosis mengidap intususepsi. Kalau bisa, pengobatan yang diberikan kepada pasien harus kurang dari 24 jam agar tidak semakin parah. Pengobatan pertama, dokter akan memberikan infus yang berfungsi agar mengurangi tekanan yang terjadi di dalam usus.

Cara mengurangi tekanannya, adalah dengan memasukkan sebuah selang yang akan terhubung langsung ke dalam lambung melalui lubang hidung. Kemudian, penanganan untuk masalah intususepsi akan dilanjutkan setelah keadaan pasien sudah stabil. Pada umumnya, bentuk dari penanganan untuk masalah ini di antaranya:

Barium Enema, yaitu sebuah bentuk penanganan yang sering dilakukan untuk intususepsi pada anak-anak dan jarang dilakukan pada pasien yang sudah dewasa.

Operasi, yaitu bentuk penanganan yang dilakukan untuk orang dewasa penderita intususepsi dan bagi pasien yang sudah parah kondisinya. Dalam operasi ini, dokter akan meluruskan atau membenarkan posisi usus yang salah, serta dapat mengangkat jaringan usus yang sudah mati.

Komplikasi

Ketika intususepsi tidak ditangani dengan segera dan tepat, maka kemungkinan besar akan menimbulkan komplikasi. Aliran darah atau sirkulasi darah yang terjadi di dalam usus tidak akan lancar, membuat timbulnya masalah intususepsi serta mematikan jaringan dari usus. Setelah itu, jaringan yang sudah mati akan membuat dinding usus menjadi robek yang disebut juga dengan perforasi. Kemudian, hal ini akan membuat masalah yang lebih serius dari sebelumnya seperti infeksi yang terjadi pada rongga perut atau peritonitis.

Itulah ulasan mengenai cara mengatasi intususepsi yang mesti kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Intususepsi Yang Meski Kamu Tahu"

Post a Comment