Ingin Beli Mobil Bekas? Perhatikan Bagian Penting Ini!


Want to Buy a Used Car

Mobil Bekas merupakan salah satu solusi bagi Anda yang memang mendambakan kendaraan pribadi, namun memiliki dana yang terbatas. Selain memiliki range harga yang tentu saja berada di bawah harga rata-rata untuk harga mobil baru, pada umumnya mobil dengan kondisi setengah pakai juga memiliki kekuatan mesin yang lebih. Selain karena alasan pembiayaan yang lebih ringan pada umumnya mobil setengah pakai banyak dicari oleh mereka yang memang fanatik terhadap sebuah merk dan model mobil tertentu. Bagi Anda yang memang sedang melakukan perburuan untuk berbagai mobil dengan kondisi setengah pakai, berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan dengan seksama.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika hendak melakukan pembelian mobil dengan kondisi second adalah melihat secara kasat mata bagian-bagian dari body mobil tersebut. Pastikan bahwa mobil masih memiliki body yang mulus, dan apabila terdapat cacat pada body mobil, maka goresan kecil saja yang ada. Perhatikan pula bagian sasi dan bagian bawah body mobil, pastikan semua dalam kondisi yang baik. Jika Anda melihat bagian tersebut terdapat banyak karat, maka Anda patut waspada pada kondisi mobil tersebut. Logam yang berkarat bisanya menandakan bahwa logam tersebut lebih sering terkena air ataupun banjir.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan ketika melakukan pembelian sebuah mobil bekas antara lain adalah:


  • Perhatikan dengan baik bagian kelistrikan pada mobil tersebut, pastikan bahwa setiap panel kelistrikan pada mobil dapat difungsikan dengan baik. Mobil sacond dengan kondisi modifikasi, biasanya akan lebih rentan pada permasalahan kelistrikan karena memang telah diubah dari bentuk awalnya. Perhatikan pula bagian accu sebagai sumber dari kelistrikan pada mobil tersebut, pastikan bahwa accu masih dapat berfungsi dengan normal.
  • Mesin menjadi bagian utama yang harus diperhatikan dengan baik, lihatlah semua bagian pada mesin dengan membuka cup pada mobil. Lihat secara detail bagian tersebut, dan pastikan tidak terdapat logam ataupun bagian pada cup mobil yang mengalami korosi. Selain itu bukalah bagian penampung oli pada mobil dan pastikan bahwa kepekatan oli mobil masih terjaga dengan baik.

Selain hal tersebut di atas, yang perlu Anda perhatikan dengan baik lagi adalah kelengkapan surat-surat kepemilikan kendaraan bermotor tersebut. Pastikan bahwa surat kelengkapan kendaraan bermotor tersebut lengkap. Cocokkan keterangan yang terdapat dalam surat-surat dengan kondisi dari mobil tersebut, seperti nomor rangka mobil dan nomor mesin dari mobil tersebut. Anda dapat melakukan pengecekan dengan cara menggosok bagian mesin menggunakan kertas dan pensil, begitu juga pada bagian rangka mobil tersebut.

Jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan untuk sebuah mobil second, namun pastikan terlebih dahulu bahwa mobil tersebut dalam kondisi yang baik dan merupakan barang legal. Secara umum harga murah yang ditawarkan untuk sebuah mobil pada umumnya akan dipengaruhi oleh kondisi dari mobil itu sendiri. Kumpulkan informasi selengkap mungkin mengenai merk dan model mobil second yang Anda inginkan dan ketahui harga pasaran dari mobil tersebut, agar nantinya Anda dapat dengan mudah memperoleh mobil yang tepat.

Melakukan transaksi secara langsung dengan bertemu penjual merupakan cara paling aman untuk pembelian mobil bekas Anda. Jangan terpengaruh dengan harga murah, yang nantinya akan meminta Anda untuk mentransfer sejumlah dana terlebih dahulu. Lihat dan teliti kondisi mobil, serta lakukan transaksi secara tertulis untuk pembelian mobil second tersebut, agar nantinya mobil dapat Anda peroleh secara legal dan aman.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Beli Mobil Bekas? Perhatikan Bagian Penting Ini!"

Post a Comment